Cara Menghilangkan Bekas Luka Akibat Gigitan Serangga

Semua orang pastinya pernah digigit nyamuk, gigitan nyamuk dapat hilang dengan sendirinya akan tetapi meninggalkan bekas. Bekas ini mengalami hiperpigmentasi yang dapat merubah warna kulit dari gigitan nyamuk menjadi lebih gelap dari kulit sekelilingnya dan terlihat seperti noda. Hampir seluruh jenis dan warna kulit akan meninggalkan bekas dari gigitan nyamuk. Sebenarnya ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk sekedar menyamarkan noda atau ingin menghilangkan bekas-bekas hitam dari gigitan nyamuk :

1. Jus lemon

Jus lemon selain baik bagi kesehatan tubuh dan dapat melangsingkan tubuh, ternyata jus lemon ini dapat digunakan pula untuk menghilangkan noda-noda hitam di wajah akibat dari gigitan nyamuk. Caranya jus lemon diteteskan ke bagian bekas luka gigitan nyamuk. Diamkan 10-15 menit, lalu bilas dengan air hangat tanpa menggunakan sabun pembersih. Anda dapat mengulangi cara ini 2-3 kali sehari untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Hasil akan terlihat 2 minggu berikutnya.

Perhatian

Jangan membiarkan jus lemon berlama-lama dikulit lebih dari 15 menit karena jus lemon mengandung asam yang cukup tinggi, karena akan membuat kulit menjadi lebih sensitif, iritasi atau terbakar. Namun pengobatan dengan jus lemon ini diakui sangat efektif dan cukup menolong, termasuk untuk menyembuhkan bekas luka di kulit yang sudah lama dan bertahun-tahun.

2. Minyak Vitamin E

Gosokkan minyak vitamin E ke kulit pada bekas luka atau yang ada bintik hitamnya. Pemberian minyak vitamin E ini lebih efektif jika dilakukan pada malam hari sebelum tidur, kemudian cuci dengan air keesokan harinya. Minyak vitamin E dapat Anda peroleh dari Kapsul vitamin E yang banyak dijual dipasaran. Dengan cara dikupas atau dibelah Kapsul vitamin E. Namun yang harus diperhatikan adalah bahwa vitamin E tidak untuk mengatasi atau mengobati luka parut yang berat.

Untuk hasil yang paling efektif, usahakan dosis Vitamin E yang digunakan paling kecil 500 i.u. Lebih besar dosisnya lebih baik, seperti 15000 i.u. Tapi dosis tinggi ini biasanya tidak terlalu murah. Dosis 15000 i.u. yang digunakan pada kulit akan memberi hasil yang terlihat dalam beberapa hari. Untuk dosis 500 i.u atau kurang, bisa digunakan bersama jeruk lemon untuk hasil yang lebih baik.

3. Lidah buaya

Ambil beberapa buah lidah buaya, kemudian belah dan balurkan cairan lidah buaya pada kulit yang terkena gigitan serangga atau nyamuk, lalu diamkan kurang lebih hingga 8 jam. Lidah buaya tidak hanya dapat mencegah dan mengobati kulit dari gigitan serangga atau nyamuk. Tetapi lidah buaya juga dapat menyamarkan dan menghaluskan kulit kembali normal. Untuk hasil yang maksimal dan memuaskan lakukan perawatan atau cara ini secara rutin setiap harinya.

4. Minyak Lavender

Banyak produsen produk kecantikan seperti lotion yang berasal dari bunga lavender untuk mencegah gigitan nyamuk. Bunga lavender tidak hanya untuk relaksasi aroma therapy, namun bunga lavender dpat digunakan untuk mengatasi bekas hitam dan gigitan nyamuk. Balurkan minyak bunga lavender ke seluruh bagian tangan dan kaki bila perlu lalu diamkan 15-20 menit lalu bilas dengan air bersih. Lakukan 2-3x sehari sesuai kebutuhan dan keinginan Anda.

5. Shea Butter

Shea butter merupakan cairan asli dari buah shea dari Afrika. Shea butter saat ini sudah banyak dijual di pasaran Indonesia, dapat ditemui dalam campuran produk kecantikan atau bentuk murni. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa Shea butter dapat mengurangi melanin pada kulit hingga 30 % untuk mengatasi, menyamarkan dan menghilangkan bintik hitam dari gigitan nyamuk, luka atau bekas cacar.

6. Bengkuang

Buah bengkuang juga dapat menghilangkan bintik hitam pada kulit dengan cara menghaluskan beberapa buah bengkuang dan balurkan pada bagian tubuh yang digigit serangga atau nyamuk, diamkan selama mungkin pada kulit, kemudian bilas biasa dengan air bersih.

7. Jus kentang

Jus kentang dengan cara dihaluskan lalu borehkan pada bagian kulit bekas gigitan nyamuk dan diamkan selama mungkin yang Anda inginkan. Jus kentang juga dapat memutihkan kulit Anda akibat dari perubahan pigmentasi.

8. Lobak

Ambil 1 buah lobak putih ukuran sedang, kemudian potong kecil-kecil dan tipis, lalu rendam dalam susu murni selama 30 menit. Kemudian tempelkan lobak tersebut ke bekas luka hitam dari gigitan nyamuk.

9. Kulit pisang atau semangka

Setelah makan pisang jangan buang kulitnya, usapkan ke bekas hitam gigitan nyamuk. Demikian pula dengan semangka. Setelah makan semangka, sisa berupa lapisan luarnya yang keras diusapkan ke bekas hitam gigitan nyamuk, lalu bilas dengan air dingin.

10. Salep kortikosteroid

Salep kortikosteroid dapat diperoleh dengan menggunakan resep dokter, ada juga yang tidak menggunakan resep dokter, misalnya salep LocasalenTM dapat dibeli bebas di apotek. Guna dari Salep Kortikosteroid untuk menghilangkan bekas hitam dari gigitan nyamuk.

Tips tambahan yang harus selalu diperhatikan dan perlu dilakukan :

• Gunakan lotion atau pelembab untuk melindungi kulit Anda dari sengatan sinar matahari, jika Anda sedang melakukan suatu aktivitas atau pekerjaan diluar ruangan. Karena teriknya sinar matahari akan membuat melanin lebih berproduksi dan merubah pigmentasi kulit menjadi hitam atau gelap. Anda juga bisa menggunakan sunblock atau baju berlengan panjang terutama untuk melindungi kulit tangan Anda.

• Anda juga dapat melakukan perawatan tubuh atau kulit di salon-salon kecantikan yang Anda percaya, Anda dapat melakukan facial atau luluran dengan bahan rempah/herbal alami yang kini sudah banyak ditawarkan untuk mengurangi dan membuang sel-sel kulit mati dan membuka jaringan kulit normal untuk memproduksi sel kulit yang baru.

• Melakukan exfoliasi minimal seminggu sekali. Dengan cara : masak air biasa secukupnya sampai mendidih, tuang ke wadah plastik, lalu asap atau uap yang keluar dari air tersebut digunakan untuk memaparkan pada bagian kulit yang bermasalah kurang lebih 15-20 menit.

• Lakukan olahraga minimal 2x seminggu, untuk memperoleh regerasi dari sel kulit yang baru.


=====================================

>>> Produk Penghilang Bekas Luka di Wajah, Bekas Luka Lama, Bekas Luka Bakar, Luka Di Kulit, Gigitan Serangga, dll. KLIK DISINI!
=====================================

This entry was posted in Penghilang Bekas Luka and tagged , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>