Penyebab Dan Cara Mencegah Bekas Luka

Banyak orang yang menyebutkan bahwa orang yang memiliki darah manis, banyak disenangi nyamuk. Istilah darah manis sebenarnya kurang tepat untuk disebutkan, menurut Dr. Aru Sudoyo, Sp,PD, KHOM, FACP, sebutan yang paling pas “darah manis” untuk penyakit gatal yang memiliki darah manis adalah Prurigo. Namun biasanya Prurigo menyerang pada anak-anak yang berumur 2 tahun, namun adapula yang baru menyerang pada anak umur 5 tahun. Anak laki-laki lebih rentan daripada anak perempuan, meski belum jelas apa adanya.

Mereka yang memiliki darah manis merupakan faktor keturunan, sebagian besar anak akan mewarisinya. Apabila penyakitnya dibawa oleh kedua orangtua, maka anak akan terkena pula,” menurut dosen Departemen Ilmu Penyakit Dalam FKUI/RSCM.

“Penyakit ini bersifat warisan. Kalau ibu berbakat prurigo, sebagian anaknya akan mewarisinya. Kalau penyakitnya dibawa oleh kedua orangtua, semua anak akan terkena,” papar Dr. Aru Sudoyo, Sp,PD, KHOM, FACP dosen Departemen Ilmu Penyakit Dalam FKUI/RSCM ini.

Penyebab Prurigo atau yang banyak dikenal masyakarat sebagai darah manis. Pada prurigo sel darah putih jenis eosinophyl lebih banyak dan normal. Prurigo timbul sejak kecil, jika prurigo sudah menyerang diredam, agar tidak membekas di kulit.

Prurigo atau pemilik darah manis bila terkena gigitan serangga akan langsung timbul bintik merah yang kemudian berkembang dan menimbulkan rasa gatal yang begitu hebat, sehingga rasa ingin mengagaruk timbul dan ingin menggaruk lagi sehingga meninggalkan bekas luka hitam. Gatal-gatal biasanya sering muncul pada bagian kulit pada tungkai kaki, lengan tangan bagian bawah, dahi, pipi, kulit pada perut dan bokong. Jika rasa gatal akibat terus digaruk akan menimbulkan lecet, disusul kelainan kulit lanjutan. Kelainan pada kulit juga dapat mendukung masalah penyakit kulit lainnya. Kemudian kulit menjadi gelap, kusam dan hitam.

Pencegahan yang paling mudah dilakukan adalah dengan cara, seperti :

1. Menggunakan baju lengan panjang dan panjang bahan, yang berbahan katun ketika hendak ingin tidur

2. Menggunakan kelambu untuk mencegah nyamuk masuk

3. Menggunakan lotion pelindung yang banyak dipasarkan untuk mencegah gigitan nyamuk atau menggunakan minyak dari serai, minyak kayu putih dan sejenisnya

4. Bersihkan tangan Anda sebelum dan sesudah memegang atau menyentuh sesuatu

5. Memotong kuku bila dirasa kuku Anda sudah mulai tumbuh panjang. Karena kuku yang panjang bila tidak terawat dengan baik hanya akan menimbun kuman di dalam kuku.

6. Selalu menjaga kebersihan diri

7. Menjaga dan merawat daerah lingkungan baik di dalam maupun di luar rumah

8. Jika terjadi infeksi karena luka segeralah di obati agar cepat mendapat penangganan sehingga infeksi dari luka tidak melebar.

9. Menghindari atau mengurangi makanan manis, soft drink, makanan berminyak/gorengan dan alkohol.


=====================================

>>> Produk Penghilang Bekas Luka di Wajah, Bekas Luka Lama, Bekas Luka Bakar, Luka Di Kulit, Gigitan Serangga, dll. KLIK DISINI!
=====================================

This entry was posted in Penghilang Bekas Luka and tagged , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>