Ramuan Penghilang Bekas Luka

Pada umumnya aneka buah-buahan alami aman digunakan pada kulit apabila dalam dosis yang tepat. Namun pada kulit sensitif, kadang masih bereaksi pada bahan alami tersebut, seperti gatal atau iritasi ringan. Berikut ini ada beberapa jenis buah-buahan yang dapat dijadikan salah satu bahan untuk perawatan wajah dengan cara alami, diantaranya adalah :

1. Perawatan wajah dengan buah Alpukat

Masker dari bahan dasar buah alpukat baik digunakan bagi seseorang yang memiliki kulit wajah kering, dengan cara : Ambil separuh daging buah alpukat. lalu campurkan sengan 1 kuning telur yang telah dikocok dan setengah cangkir susu. Aduk semua bahan tersebut sampai tercampur rata dan halus seperti bubur. Oleskan pada kulit muka sebagai masker, diamkan sampai masker mengering. Lalu bilas dengan air bersih.

2. Perawatan kecantikan dengan Bedak dingin buatan sendiri

Banyaknya produk kosmetika modern yang banyak beredar di pasaran. Namun belum tentu produk kecantikan saat ini aman digunakan untuk kulit wajah, karena banyak sekali produk kecantikan dan perawatan wajah yang komposisinya mengandung  bahan campuran kimia atau bahan campuran lainnya yang dapat menimbulkan efek samping negatif bagi kulit. Menggunakan bahan tradisional hasilnya akan jauh lebih efektif dan tanpa efek samping. Tak ada salahnya mencoba kembali perawatan wajah dari bahan tradisional meski hasil yang diinginkan memerlukan waktu yang cukup lama, tetapi wajah tampak berseri alami lebih lama.

3. Bedak dingin merupakan ramuan sederhana yang diolah dari bahan-bahan herbal dan tradisional dan pembuatan bedak dingin terdiri dari :

- 1 gelas beras putih direndam 3 hari berturut-turut (setiap hari airnya diganti dengan air yang baru )
- Pucuk daun jambu biji kira-kira 2 genggam
- Bunga kenanga secukupnya sebagai pengharum
- Akar tinggal ( rimpang kecil ) rumput teki secukupnya untuk penambah aroma bedak dingin yang khas

Cara membuat :

Daun jambu biij dihaluskan dengan blender sampai halus. Bunga kenanga dan rimpang rumput juga dihaluskan. Campurkan dengan daun jambu biji yang sudah dihaluskan tadi. Beras putih ditiriskan kemudian dihaluskan. Semua bahan diuleni sampai betul-betul merata, kemudian dibentuk bulatan kecil. Kemudian jemur di panas matahari sampai kering. Cara menggunakan, ambil beberapa butir bedak dicampur dengan air hangat dan air jeruk nipis. Oleskan pada wajah secara merata. Gunakan setiap pagi dan sore sebelum mandi. Hasilnya wajah menjadi halus dan berseri.

4. Menghilangkan luka dari jahitan operasi

Terkadang seorang calon ibu ketika ingin melahirkan sang buah hati dihadapkan dengan 2 pilihan untuk proses kelahiran dengan cara melahirkan normal atau caesar. Ketika seorang ibu tidak dapat melahirkan dengan cara normal karena kondisi kesehatan ibu yang tidak memungkinkan maka alternatif yang diambil adalah dengan proses caesar. Bekas luka atau guratan dari sayatan pisau bedah, tentunya akan meninggalkan bekas dan tetap ada sepanjang hidup. Ditambah lagi apabila sebelumnya Anda pernah melakukan operasi pada bagian perut yang masih meninggalkan sisa guratan atau parut.

Dari hasil sebuah penelitian yang dilakukan oleh Prof. Zaiton Hassan, Beliau merupakan seorang peneliti dari Departemen Ilmu Pangan Universitas Putra Malaysia mengatakan bahwa ada cara alami untuk menghilangkan bekas luka akibat dari operasi dengan mengkonsumsi ekstrak teripang yang banyak mengandung asam miristat, palmitat, almitoleat, stearat, oleat, linoleat, arakhsidat, eicosapentaenat, behenat, erusat, dan docosahexaenat. Asam lemak itulah yang berperan terhadap pemulihan luka operasi. Kandungan asam eicosapentaenat (EPA) dan asam docosahexaenat (DHA) relatif tinggi, masing-masing 25,69% dan 3,69%. Tingginya kadar EPA menandakan kecepatan teripang memperbaiki jaringan rusak. Kandungan kolagen dalam ekstrak teripang mempercepat penyembuhan luka dalam dan luar setelah pembedahan akibat operasi.

5. Ada juga cara tradisional untuk menghilangkan bekas luka menghitam pada kulit bahkan juga sekaligus memutihkan kulit. Caranya ambil buah pare ditumbuk dan ambil aira atau sarinya lalu campur dengan tepung beras sehingga berbentuk seperti cream. Oleskan teratur setiap malam pada bekas luka tersebut atau bagian tubuh yang hendak diputihkan. Sebelum menggunakan ramuan di atas, basuhlah kulit dengan air hangat untuk mencapai hasil yang maksimal.

6. Untuk mengobati luka bakar

- Ambilah 1 buah singkong atau ubi kayu, kemudian kupas dan cuci bersih, kemudian diparut. Hasil parutan tersebut tempelkan pada bagian luka yang terbakar. Agar meresap lebih lama dan tidak terjadi infeksi serta menghindari dari air, luka yang telah dibalurkan parutan tadi diperban atau dibalut dengan kain yang halus. Ulangi setiap hari.

- 1 buah pisang yang sudah matang, dihaluskan. Kemudian oleskan pada bagian yang luka yang terbakar. Kulit tidak akan merasa panas dan terkelupas lagi. Hindari dari percikan air.

- Ambil 2 sendok teh getah pepaya, kapur sirih secukupnya kira-kira 1 ruas jari kelingking, dan 2 sendok minyak kelapa. Campur seluruh bahan dan aduk hingga rata. Kemudian oleskan pada luka bakar 2-3x sehari sebanyak yang diperlukan.

- 1 buah kentang dikupas dan haluskan kemudian tambahkan 2 sendok makan minyak kelapa, peras, ambil sarinya. Kemudian balurkan pada luka bakar dan balut dengan kain bersih.

7. Daun tapak dara (Catharanthus roseus), digunakan dengan resep berikut ini : ambil beberapa helai daun tapak dara dan setengah genggam beras, direndam dengan air, kemudian ditumbuk bersama-sama hingga halus. Digunakan dengan cara ditempelkan pada luka bakar.

8. Daun sirih ( piper betle ) caranya dengan mengambil beberapa helai daun sirih secukupnya dan dicuci bersih. Peras airnya kemudian tambahkan sedikit madu. Bubuhkan campuran ini ke tempat luka bakar.


=====================================

>>> Produk Penghilang Bekas Luka di Wajah, Bekas Luka Lama, Bekas Luka Bakar, Luka Di Kulit, Gigitan Serangga, dll. KLIK DISINI!
=====================================

This entry was posted in Penghilang Bekas Luka and tagged , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>